Sabtu, 25 Juni 2011

Habbatussauda membantu Kehamilan

Rasullullah SAW bersabda : "Gunakanlah Habbatussauda karena didalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali kematian" (Shahih Bukhari dan Muslim).

Dalam tulisan saya sebelumnya telah diterangkan beberapa cara bagaimana kami mendapatkan buah hati, salah satunya adalah dengan meminum herbal habbatussauda atau biasa disebut jinten hitam. Mungkin beberapa mama belum mengenal perihal herbal yang satu ini yang konon di rekomendasikan oleh Rasullullah Nabi Muhammad SAW dan dinyatakan sebagai obat segala macam penyakit kecuali kematian.

Oleh karena itu untuk menambahkan informasi dan pengetahuan mama, berikut saya tuliskan artikel perihal obat mujarab ini yang Insya Allah adalah salah satu Tool yang membantu kehamilan saya tentunya dengan seizin Allah SWT. Artikel dibawah ini merupakan intisari dari beberapa artikel yang saya baca dari berbagai media baik internet ataupun cetak.
Imam Bukhari meriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. bahwa ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya: “Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya,“Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”. Habbatus sauda’ berkhasiat mengobati segala jenis penyakit dingin, bisa juga membantu kesembuhan berbagai penyakit panas karena faktor temporal. 

Biji habbatussauda mengandung 40% minyak takasiri dan 1,4% minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe, Na dan K. kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY). Telah terbukti dari berbagai hasil penelitian ilmiah bahwa habbatus sauda’ mengaktifkan kekebalan spesifik/kekebalan didapat, karena ia meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel-sel T penekan, dan sel-sel pembunuh alami. 

Habbatussauda atau jinten hitam atau bahasa kerennya Black Seed atau Nigella Sativa merupakan obat alami yang mulanya digunakan oleh orang-orang parsi dalam masakan dan obat-obatan. Mulanya berasal dari kawasan mediteranean. Pokoknya memiliki bunga ungu muda atau putih. Buahnya berbentuk kapsul yang mengandung banyak biji kecil berwarna putih dan berbentuk trigonal. Setelah matang kapsulnya terbuka dan biji-biji akan berubah menjadi hitam. Dahulu banyak digunakan untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, hidung tersumbat dan mengatasi parasit usus seperti cacing. 

Beberapa manfaatnya dari habbatussauda antara lain seperti dibawah ini, tetapi saya akan menjelaskan yang berhubungan dengan ibu menyusui atau ibu untuk hamil saja ya : 
  1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh.
  2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
  3. Meningkatkan bioaktivitas hormon
  4. Menetralkan racun dalam tubuh
  5. Mengatasi ganggu tidur dan stress 
  6. Anti Histamin/Alergi
  7. Memperbaiki saluran pencernaan dan sebagain anti bakteri
  8. Melancarkan air susu ibu, Kombinasi asam lemak tak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu.
  9. Tambahan Nutrisi pada ibu hamil dan balita, habbatussauda mengandung omega 3,6,9 yang merupakan nutrisi yang membantu mengembangkan jaringan otak dan janin.
  10. Anti Tumor
  11. Nutrisi Bagi Manusia
  12. Menyembuhkan Batuk
  13. Mengatasi Diabetes
  14. Menyembukan Diare
  15. Mengobati Sakit Mata
  16. Menatasi Flu dan sebagainya yang pasti selain kematian seperti dalam Hadist Nabi Muhammad SAW
Namun demikian untuk ibu hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi Habbatussauda karena seperti yang saya baca dan kutip dari artikel di www.habbatsonline.com oleh Dokter Insan yang mengutip Review of Uses Nigella sativa : Traditional Medicine, A. Raza dkk, Faculties if Veterinary Science and Basic Science, University of Agriculture, Faisalabad, Pakistan, Int. J. Agri. Biol. Vol I. No. 3 1999.Dimana  menyebutkan bahwa ekstrak air panas dari habbatussauda dalam dosis besar bisa menyebabkan aborsi (keguguran) pada wanita hamil. Demikian juga jika mengkonsumsi biji habbatussauda dalam dosis besar akan menyebabkan keguguran/ abortus. Seyogyanya ibu hamil tidak mengkonsumsi habbatussauda apalagi dalam dosis besar, terutama pada kehamilan trimester 1 dan trimester 2.

Berdasarkan pengalaman saya (memang saya tidak bisa membuktikan apakah dari obat ini atau dari olahraga), obat ini telah menjadi salah satu tool saya sehingga penyakit yang terdapat dalam diri saya yaitu tokso dan rubella menjadi sembuh dan akhirnya saya memiliki anak yang saya impikan. Tentu saja perlu saya berikan tambahan saran saya agar jangan hanya mengkonsumsi obat ini saja melainkan ditambahkan dengan olah raga, sholat, puasa dan tentu saja sabar dan ikhlas menjalaninya, Amin.

Semoga ringkasan singkat ini bermanfaat bagi mama, jika ada info tambahan dari mama mengenai obat ini bisa diemailkan kesaya agar bisa untuk mengupdate informasi diatas. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar